FORMAT PENENTUANKRITERIA KETUNTASAN
Satuan Pendidikan : SMA N 3
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas /Semester :
X/Ganjil
No |
Kompetensi Inti |
|
KI-1 |
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
KI-2 |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya |
|
KI-3 |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
|
KI-4 |
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
|
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
KriteriaKetuntasan
KKM |
KKM |
||||
Komplek sitas |
Daya Dukung |
Intake |
Indi kator |
KD |
KI |
|||
1 |
3.1 Menerapkan hakikat
ilmu Fisika, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran
Fisika dalam kehidupan |
3.1.1
Mengidentifikasi Metode ilmiah, hakikat ilmu Fisika, keselamat-an dan keamanan Fisika di
laboratori-um, serta peran Fisika dalam kehidupan 3.1.2
Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari melalui
motovasi gambaran penjelasan guru. 3.1.3
Menerapkan peranan Fisika dalam kehidupan sehari-hari melalui
produk-produk Fisika yang ditunjukkan oleh guru. 3.1.4
Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah disekitar lingkungan 3.1.5
Menjelaskan cara-cara bekerja di laboratorium |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
4.1
Membuat prosedur kerja ilmiah
dan keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor |
4.1.1 Mempresentasikan hasil pengamatan mengenai hakikat ilmu Fisika dan peranannya dalam kehidupan serta
metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium melalui tes refleksi 4.1.2 Menerapkan prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja pada pengukuran
kalor |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
2 |
3.2 Menerapkan
prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka
penting, serta notasi ilmiah |
3.2.1
Menganalisis prinsip-prinsip
pengukuran Ketelitian
(akurasi) dan ketepatan (presisi) 3.2.2
Memahami Penggunaan alat
ukur 3.2.3
Menganalisis pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan
menggunakan peralatan 3.2.4
Menganalisis cara menggunakan
alat ukur, 3.2.5
Menganalisis cara membaca
skala, cara menuliskan hasil pengukuran |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
4.2
Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka
penting untuk suatu penyelidikan ilmiah |
4.2.1
Menyusun hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka
penting untuk suatu penyelidikan ilmiah |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
3 |
3.3 Menerapkan
prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan) |
3.3.1
Membedakan besaran vektor dan besaran skalar. 3.3.2
Menggambar vektor. 3.3.3
Menjumlah vektor secara analitik. 3.3.4
Menentukan besar perpindahan, kecepatan dan percepatan serta gaya dengan
analisis vector\ |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
4.3
Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya
perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya |
4.3.1
Membuat percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang 4.3.2
Mempresentasikan hasil percobaan untuk menentukan ventor sebidang |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
4 |
3.4 Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan
gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya |
3.4.1
Mengamati dan mengidentifikasi benda di sekitar yang bergerak lurus. 3.4.2
Menentukan perpindahan, jarak, kecepatan dan laju. 3.4.3
Menentukan percepatan, dan perlambatan benda bergerak. 3.4.4
Mengidentifikasi besaran dalam gerak lurus beraturan. 3.4.5
Mengidentifikasi besaran-besaran dalam gerak lurus berubah beraturan. 3.4.6
Mengamati Gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas. 3.4.7
Mengamati dan mengidentivikasi benda disekitar yang bergerak lurus. |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
4.4
Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak
benda yang bergerak lurus dengan
kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap) berikut makna fisisnya |
4.4.1
Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan tetap
menggunakan kereta misalnya mobil mainan, troly. 4.4.2
Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan
kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap dalam bentuk grafik 4.4.3
|
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
5 |
3.5 Menganalisis
gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari |
3.5.1
Memahami
pengertian gerak parabola 3.5.2
Mengidentifikasi gerak parabola dengan menggunakan vector 3.5.3
Memahami vektor posisi, kecepatan gerak dua dimensi pada gerak parabola, 3.5.4
Memahami Pemanfaatan Gerak Parabola dalam Kehidupan Sehari-hari |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
4.5 Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya |
4.5.1
Menyajikan
data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya 4.5.2
Mempresentasikan
hasil kegiatan diskusi kelompok tentang penyelesaian masalah gerak parabola |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
6 |
3.6 Menganalisis
besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
3.6.1
Menjelaskan pengertian dan besaran gerak melingkar. 3.6.2
Menjelaskan percepatan sentripetal. 3.6.3
Menjelaskan pemindahan gerak melingkar. 3.6.4
Menjelaskan gaya sentripetal. 3.6.5
Menjelaskan penerapan gaya sentri petal. 3.6.6
Menguraikan vektor. 3.6.7
Menjumlah vektor secara analitik |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
4.6
Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya tentang gerak melingkar,
makna fisis dan pemanfaatannya |
4.6.1
Melakukan percobaan gerakmelingkar beraturan. 4.6.2
Melakukan percobaan tentanggaya sentripetal. 4.6.3
Menyajikan hasil kerja ilmiah pengamatan,inferensi,dan mengomunikasikan
hasil percobaan. |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
0 komentar: