Kamis, 06 Agustus 2020

KKM

 

FORMAT PENENTUANKRITERIA KETUNTASAN

 

 

Satuan Pendidikan         : SMA N 3

Mata Pelajaran                 : Fisika

Kelas /Semester               :  X/Ganjil

 

No

Kompetensi Inti

KI-1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

KI-2

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

 

KI-3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

KI-4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

 

 

No

Kompetensi Dasar

Indikator

KriteriaKetuntasan KKM

KKM

Komplek

sitas

Daya Dukung

Intake

Indi

kator

KD

KI

1

3.1 Menerapkan hakikat ilmu Fisika, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran Fisika dalam kehidupan

 

3.1.1      Mengidentifikasi Metode ilmiah, hakikat ilmu Fisika,  keselamat-an dan keamanan Fisika di laboratori-um, serta peran Fisika dalam kehidupan

3.1.2      Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari melalui motovasi gambaran penjelasan guru.

3.1.3      Menerapkan peranan Fisika dalam kehidupan sehari-hari melalui produk-produk Fisika yang ditunjukkan oleh guru.

3.1.4      Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan   masalah disekitar lingkungan

3.1.5      Menjelaskan cara-cara bekerja di laboratorium

 

75

75

75

75

75

75

4.1      Membuat prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor

4.1.1       Mempresentasikan hasil pengamatan mengenai hakikat ilmu Fisika    dan peranannya dalam kehidupan serta metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium melalui tes refleksi

4.1.2       Menerapkan prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja pada pengukuran kalor

 

75

75

75

75

75

75

2

3.2   Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

3.2.1         Menganalisis  prinsip-prinsip pengukuran Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi)

3.2.2         Memahami Penggunaan alat ukur

3.2.3         Menganalisis pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan

3.2.4         Menganalisis cara menggunakan alat ukur,

3.2.5         Menganalisis cara membaca skala, cara menuliskan hasil pengukuran

75

75

75

75

75

75

4.2       Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah

4.2.1         Menyusun hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah

75

75

75

75

75

75

3

3.3   Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

3.3.1         Membedakan besaran vektor dan besaran skalar.

3.3.2         Menggambar vektor.

3.3.3         Menjumlah vektor secara analitik.

3.3.4         Menentukan besar perpindahan, kecepatan dan percepatan serta gaya dengan analisis vector\

75

75

75

75

75

75

4.3       Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya

4.3.1         Membuat percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang

4.3.2         Mempresentasikan hasil percobaan untuk menentukan ventor sebidang

75

75

75

75

75

75

4

3.4   Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya

3.4.1         Mengamati dan mengidentifikasi benda di sekitar yang bergerak lurus.

3.4.2         Menentukan perpindahan, jarak, kecepatan dan laju.

3.4.3         Menentukan percepatan, dan perlambatan benda bergerak.

3.4.4         Mengidentifikasi besaran dalam gerak lurus beraturan.

3.4.5         Mengidentifikasi besaran-besaran dalam gerak lurus berubah beraturan.

3.4.6         Mengamati Gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas.

3.4.7         Mengamati dan mengidentivikasi benda disekitar yang bergerak lurus.

75

75

75

75

75

75

4.4   Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus  dengan kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya

4.4.1         Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan tetap menggunakan kereta misalnya mobil mainan, troly.

4.4.2         Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap dalam bentuk grafik

4.4.3          

75

75

75

75

75

75

5

3.5       Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

3.5.1         Memahami pengertian gerak parabola

3.5.2         Mengidentifikasi gerak parabola dengan menggunakan vector

3.5.3         Memahami vektor posisi, kecepatan gerak dua dimensi pada gerak parabola,

3.5.4         Memahami Pemanfaatan Gerak Parabola dalam Kehidupan Sehari-hari

75

75

75

75

75

75

4.5  Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya

4.5.1        Menyajikan data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya

4.5.2        Mempresentasikan hasil kegiatan diskusi kelompok tentang penyelesaian masalah  gerak parabola

75

75

75

75

75

75

6

3.6   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

3.6.1         Menjelaskan pengertian dan besaran gerak melingkar.

3.6.2         Menjelaskan percepatan sentripetal.

3.6.3         Menjelaskan pemindahan gerak melingkar.

3.6.4         Menjelaskan gaya sentripetal.

3.6.5         Menjelaskan penerapan gaya sentri petal.

3.6.6         Menguraikan vektor.

3.6.7         Menjumlah vektor secara analitik

75

75

75

75

75

75

4.6   Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya tentang gerak melingkar, makna fisis dan pemanfaatannya

4.6.1         Melakukan percobaan gerakmelingkar beraturan.

4.6.2         Melakukan percobaan tentanggaya sentripetal.

4.6.3         Menyajikan hasil kerja ilmiah pengamatan,inferensi,dan mengomunikasikan hasil percobaan.

75

75

75

75

75

75

                                                                                                                                                                                                     

Previous Post
Next Post

Guru Di SMA Negeri dan SMA Muhammadiyah Di Yogyakarta

0 komentar:

Postingan Populer