ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN, KEGIATAN
PEMBELAJARAN, DAN PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019/2020
No |
Kompetensi
Inti |
|
KI-1 |
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
KI-2 |
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya |
|
KI-3 |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
|
KI-4 |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
|
Aspek |
Standar Kompetensi Lulusan |
KompetensiInti |
KompetensiDasar |
Indikator Pencapaian Kinerja |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Rencana Penilaian |
Sikap |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: · Beriman dan
bertakwa kepadaTuhan YME, · berkarakter, jujur,dan peduli, · bertanggungjawab, · pembelajar sejati sepanjang hayat,dan · sehat jasmani danrohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
|
Perwujudansikap religius dalampembelajaranterkait materi
tentang Hakikat Fisika
dan Prosedur Ilmiah: · Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika · Ruang lingkup Fisika · Metode dan Prosedur ilmiah · Keselamatan kerja di laboratorium (Terintegrasi
pada KI 3 dan KI 4) |
Sebelum pembelajaran dimulai,
diawali dengan kegiatan berdoa. Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi terkait materi tentang Hakikat Fisika
dan Prosedur Ilmiah: · Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika · Ruang lingkup Fisika · Metode dan Prosedur ilmiah · Keselamatan kerja di laboratorium |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. |
|
|
Perwujudan sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran terkait
materi tentang Hakikat Fisika
dan Prosedur Ilmiah: · Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika · Ruang lingkup Fisika · Metode dan Prosedur ilmiah · Keselamatan kerja di laboratorium (Terintegrasi pada KI 3 dan KI 4) |
Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi, terkait materi tentang Hakikat Fisika
dan Prosedur Ilmiah: · Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika · Ruang lingkup Fisika · Metode dan Prosedur ilmiah · Keselamatan kerja di laboratorium |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
||
Pengeta-huan |
Memiliki pengetahuanfaktual, konseptual,prosedural, danmetakognitif
padatingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleksberkenaan dengan: ·
ilmu
pengetahuan, ·
teknologi, ·
Mampu
mengaitkanpengetahuan di atasdalam konteks dirisendiri, keluarga,sekolah,
masyarakatdan lingkungan alamsekitar, bangsa,negara, serta kawasan
regionaldan internasional. |
3. Memahami,
menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
dan procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. |
3.1
Menerapkan
hakikat ilmu Fisika, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium
serta peran Fisika dalam kehidupan |
3.1.1
Mengidentifikasi Metode ilmiah, hakikat ilmu
Fisika, keselamat-an dan keamanan
Fisika di laboratori-um, serta peran Fisika dalam kehidupan 3.1.2
Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dalam kehidupan
sehari-hari melalui motovasi gambaran penjelasan guru. 3.1.3
Menerapkan peranan Fisika dalam kehidupan sehari-hari
melalui produk-produk Fisika yang ditunjukkan oleh guru. 3.1.4
Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dalam
menyelesaikan masalah disekitar
lingkungan 3.1.5
Menjelaskan cara-cara bekerja di laboratorium |
Hakikat Fisika
dan Prosedur Ilmiah: · Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika · Ruang lingkup Fisika · Metode dan Prosedur ilmiah · Keselamatan kerja di laboratorium |
· Mengamati, mendiskusikan, dan menyimpulkan tentang fenomena
Fisika dalam kehidupan sehari-hari, hubungan Fisika dengan disiplin ilmu
lain, prosedur ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium · Mendiskusikan dan menyimpulkan tentang ilmu Fisika dan
hubungannya dengan disiplin ilmu lain, prosedur ilmiah dalam hubungannya
dengan keselamatan kerja di laboratorium |
Teknik Penilaian: · Observasi · Teslisan · Tes tertulis Bentuk instrumen penilaian: Tugas ·
Memecahkan
permasalahan tentang Hakikat
Fisika dan Prosedur Ilmiah · Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran ·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah Tes ·
Tes tertulis
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah |
Keteram-pilan |
Memiliki keterampilanberpikir dan bertindak: ·
kreatif, ·
produktif, ·
kritis, ·
mandiri, ·
kolaboratif,
dan ·
komunikatif melalui pendekatanilmiah
sebagaipengembangan dariyang dipelajari disatuan pendidikan dansumber
lain secaramandiri. |
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung |
4.1 Membuat prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja misalnya
pada pengukuran kalor |
4.1.1
Mempresentasikan hasil pengamatan mengenai hakikat ilmu
Fisika dan peranannya dalam
kehidupan serta metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium melalui
tes refleksi 4.1.2
Menerapkan prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja
pada pengukuran kalor |
Hakikat Fisika
dan Prosedur Ilmiah: · Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika · Ruang lingkup Fisika · Metode dan Prosedur ilmiah · Keselamatan kerja di laboratorium |
·
Mempresentasikan
tentang pemanfaatan Fisika dalam kehidupan sehari-hari, metode ilmiah dan
keselamatan kerja ketika melakukan kegiatan pengukuran besaran Fisika |
TeknikPenilaian: · Tes unjuk kerja · Tes Praktik · Fortofolio · Tes kinerja (performance test) Bentuk instrumen penilaian: Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada Tes kinerja
(performance test) · Melakukan percobaan Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah · Menyajikan hasil
percobaan |
|
|||||||
Sikap |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: · Beriman dan
bertakwa kepadaTuhan YME, · berkarakter, jujur,dan peduli, · bertanggungjawab, · pembelajar sejati sepanjang hayat,dan · sehat jasmani danrohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
|
Perwujudansikap religius dalam pembelajaran terkait materi tentang Pengukuran: · Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi) · Penggunaan alat ukur · Kesalahan pengukuran · Penggunaan angka penting (Terintegrasi pada KI 3 dan KI 4) |
Sebelum pembelajaran dimulai,
diawali dengan kegiatan berdoa. Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi terkait materi tentang Pengukuran: · Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi) · Penggunaan alat ukur · Kesalahan pengukuran · Penggunaan angka penting |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. |
|
|
Perwujudan sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran terkait
materi tentang Pengukuran: · Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi) · Penggunaan alat ukur · Kesalahan pengukuran · Penggunaan angka penting (Terintegrasi pada KI 3 dan KI 4) |
Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi, terkait materi tentang Pengukuran: · Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi) · Penggunaan alat ukur · Kesalahan pengukuran · Penggunaan angka penting |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
||
Pengeta-huan |
Memiliki pengetahuanfaktual, konseptual,prosedural, danmetakognitif
padatingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleksberkenaan dengan: ·
ilmu
pengetahuan, ·
teknologi, ·
Mampu
mengaitkanpengetahuan di atasdalam konteks dirisendiri, keluarga,sekolah,
masyarakatdan lingkungan alamsekitar, bangsa,negara, serta kawasan
regionaldan internasional. |
3. Memahami,
menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. |
3.2 Menerapkan
prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka
penting, serta notasi ilmiah |
3.2.1 Menganalisis prinsip-prinsip pengukuran Ketelitian
(akurasi) dan ketepatan (presisi) 3.2.2 Memahami Penggunaan alat
ukur 3.2.3 Menganalisis pengukuran besaran
fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan 3.2.4 Menganalisis cara menggunakan alat ukur, 3.2.5 Menganalisis cara membaca skala, cara menuliskan hasil
pengukuran |
Pengukuran: · Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi) · Penggunaan alat ukur · Kesalahan pengukuran · Penggunaan angka penting |
·
Mengamati
pembuatan daftar (tabel) nama besaran,
alat ukur, cara mengukur ·
Mendiskusikan
prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan angka penting), cara
menggunakan alat ukur, cara membaca skala, cara menuliskan hasil pengukuran ·
Mengolah data
hasil pengukuran dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, menginterpretasi
data dan grafik, dan menentukan ketelitian pengukuran, serta menyimpulkan
hasil interpretasi data |
Teknik Penilaian: · Observasi · Teslisan · Tes tertulis Bentuk instrumen penilaian: Tugas · Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran · Membuat laporan hasil Pengukuran Tes ·
Tes tertulis
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang Pengukuran |
Keteram-pilan |
Memiliki keterampilanberpikir dan bertindak: ·
kreatif, ·
produktif, ·
kritis, ·
mandiri, ·
kolaboratif,
dan ·
komunikatif melalui pendekatanilmiah
sebagaipengembangan dariyang dipelajari disatuan pendidikan dansumber
lain secaramandiri. |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung |
4.2
Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis berikut
ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta
mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah |
4.2.1
Menyusun hasil pengukuran besaran fisis berikut
ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta
mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah |
Pengukuran: · Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi) · Penggunaan alat ukur · Kesalahan pengukuran · Penggunaan angka penting |
· Membuat laporan tertulis dan mempresentasikan hasil pengukuran |
TeknikPenilaian: · Tes unjuk kerja · Tes Praktik · Fortofolio · Tes kinerja (performance test) Bentuk instrumen penilaian: Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada Tes kinerja (performance test) · Melakukan Pengukuran |
|
|||||||
Sikap |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: · Beriman dan
bertakwa kepadaTuhan YME, · berkarakter, jujur,dan peduli, · bertanggungjawab, · pembelajar sejati sepanjang hayat,dan · sehat jasmani danrohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
|
Perwujudansikap religius dalam pembelajaran terkait materi tentang Vektor: ·
Penjumlahan vektor ·
Perpindahan vektor ·
Kecepatan vektor ·
Percepatan vektor ·
Gaya sebagai vektor (Terintegrasi pada KI 3 dan KI 4) |
Sebelum pembelajaran dimulai,
diawali dengan kegiatan berdoa. Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi terkait materi tentang Vektor: ·
Penjumlahan vektor ·
Perpindahan vektor ·
Kecepatan vektor ·
Percepatan vektor ·
Gaya sebagai vektor |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. |
|
|
Perwujudan sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran terkait
materi tentang Vektor: ·
Penjumlahan vektor ·
Perpindahan vektor ·
Kecepatan vektor ·
Percepatan vektor ·
Gaya sebagai vektor (Terintegrasi pada KI
3 dan KI 4) |
Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi, terkait materi tentang Vektor: ·
Penjumlahan vektor ·
Perpindahan vektor ·
Kecepatan vektor ·
Percepatan vektor ·
Gaya sebagai vektor |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
||
Pengeta-huan |
Memiliki pengetahuanfaktual, konseptual,prosedural, danmetakognitif
padatingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleksberkenaan dengan: ·
ilmu
pengetahuan, ·
teknologi, ·
Mampu
mengaitkanpengetahuan di atasdalam konteks dirisendiri, keluarga,sekolah,
masyarakatdan lingkungan alamsekitar, bangsa,negara, serta kawasan
regionaldan internasional. |
3. Memahami,
menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. |
3.3 Menerapkan prinsip
penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan) |
3.3.1
Membedakan besaran vektor dan besaran skalar. 3.3.2
Menggambar vektor. 3.3.3
Menjumlah vektor secara analitik. 3.3.4
Menentukan besar perpindahan, kecepatan dan percepatan
serta gaya dengan analisis vektor |
Vektor: ·
Penjumlahan vektor ·
Perpindahan vektor ·
Kecepatan vektor ·
Percepatan vektor ·
Gaya sebagai vektor |
· Mengamati dengan seksama vektor-vektor yang bekerja pada benda |
Teknik Penilaian: · Observasi · Teslisan · Tes tertulis Bentuk instrumen penilaian: Tugas · Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran · Membuat laporan hasil percobaan fluida statis Tes ·
Tes tertulis
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang Vektor |
Keteram-pilan |
Memiliki keterampilanberpikir dan bertindak: ·
kreatif, ·
produktif, ·
kritis, ·
mandiri, ·
kolaboratif,
dan ·
komunikatif melalui pendekatanilmiah
sebagaipengembangan dariyang dipelajari disatuan pendidikan dansumber
lain secaramandiri. |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung |
4.3
Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor
sebidang (misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya |
4.3.1
Membuat percobaan untuk menentukan resultan vektor
sebidang 4.3.2
Mempresentasikan hasil percobaan untuk menentukan
ventor sebidang |
Vektor: ·
Penjumlahan vektor ·
Perpindahan vektor ·
Kecepatan vektor ·
Percepatan vektor ·
Gaya sebagai vektor |
·
Melakukan percobaan
untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya gaya). ·
Mengolah
tentang berbagai operasi vektor ·
Mempresentasikan
rancangan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang beserta makna
fisisnya |
TeknikPenilaian: · Tes unjuk kerja · Tes Praktik · Fortofolio · Tes kinerja (performance test) Bentuk instrumen penilaian: Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada Tes kinerja
(performance test) ·
Melakukan percobaan untuk menentukan
resultan vektor sebidang (misalnya gaya) |
|
|||||||
Sikap |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: · Beriman dan
bertakwa kepadaTuhan YME, · berkarakter, jujur,dan peduli, · bertanggungjawab, · pembelajar sejati sepanjang hayat,dan · sehat jasmani danrohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
|
Perwujudansikap religius dalam pembelajaran terkait materi tentang Gerak lurus: ·
Gerak lurus dengan kecepatan konstan
(tetap) ·
Gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) (Terintegrasi pada KI 3
dan KI 4) |
Sebelum pembelajaran dimulai,
diawali dengan kegiatan berdoa. Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi terkait materi tentang Gerak lurus: ·
Gerak lurus dengan kecepatan konstan
(tetap) ·
Gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. |
|
|
Perwujudan sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran terkait
materi tentang Gerak lurus: ·
Gerak lurus dengan kecepatan konstan
(tetap) ·
Gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) (Terintegrasi pada KI
3 dan KI 4) |
Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi, terkait materi tentang Gerak lurus: ·
Gerak lurus dengan kecepatan konstan
(tetap) ·
Gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
||
Pengeta-huan |
Memiliki pengetahuanfaktual, konseptual,prosedural, danmetakognitif
padatingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleksberkenaan dengan: ·
ilmu
pengetahuan, ·
teknologi, ·
Mampu
mengaitkanpengetahuan di atasdalam konteks dirisendiri, keluarga,sekolah,
masyarakatdan lingkungan alamsekitar, bangsa,negara, serta kawasan
regionaldan internasional. |
3. Memahami, menganalisis,
menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah. |
3.4 Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan
gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya |
3.4.1 Mengamati dan mengidentifikasi
benda di sekitar yang bergerak lurus. 3.4.2 Menentukan perpindahan, jarak,
kecepatan dan laju. 3.4.3 Menentukan percepatan, dan
perlambatan benda bergerak. 3.4.4 Mengidentifikasi besaran dalam
gerak lurus beraturan. 3.4.5 Mengidentifikasi
besaran-besaran dalam gerak lurus berubah beraturan. 3.4.6 Mengamati Gerak jatuh bebas dan
gerak vertikal ke atas. 3.4.7 Mengamati dan mengidentivikasi
benda disekitar yang bergerak lurus. |
Gerak lurus: ·
Gerak lurus dengan kecepatan konstan
(tetap) ·
Gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) |
·
Mengamati
dengan seksama demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan
kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap ·
Mendiskusikan
perbedaan gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
percepatan tetap ·
Menganalisis
besaran-besaran Fisika dalam gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan
tetap melalui diskusi kelas |
Teknik Penilaian: · Observasi · Teslisan · Tes tertulis Bentuk instrumen penilaian: Tugas · Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran · Membuat laporan hasil percobaan Gerak lurus · Melakukan pemecahan masalah Gerak lurus · Mengerjakan latihan soal-soal mengenai Gerak lurus Tes Tes
tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang Gerak lurus |
Keteram-pilan |
Memiliki keterampilanberpikir dan bertindak: ·
kreatif, ·
produktif, ·
kritis, ·
mandiri, ·
kolaboratif,
dan ·
komunikatif melalui pendekatanilmiah
sebagaipengembangan dariyang dipelajari disatuan pendidikan dansumber
lain secaramandiri. |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung |
4.4
Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk
menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan
bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya |
4.4.1
Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan dan
percepatan tetap menggunakan kereta misalnya mobil mainan, troly. 4.4.2
Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus
dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap dalam bentuk
grafik |
Gerak lurus: ·
Gerak lurus dengan kecepatan konstan
(tetap) ·
Gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) |
· Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan
tetap menggunakan kereta misalnya mobil mainan, troly. · Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus
dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap dalam bentuk
grafik. |
TeknikPenilaian: · Tes unjuk kerja · Tes Praktik · Fortofolio · Tes kinerja (performance test) Bentuk instrumen penilaian: Tes kinerja (performance test) · Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan
tetap menggunakan kereta misalnya mobil mainan, troly. |
|
|||||||
Sikap |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: · Beriman dan
bertakwa kepadaTuhan YME, · berkarakter, jujur,dan peduli, · bertanggungjawab, · pembelajar sejati sepanjang hayat,dan · sehat jasmani danrohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
|
Perwujudansikap religius dalam pembelajaran terkait materi tentang Gerak parabola: ·
Gerak Parabola ·
Pemanfaatan Gerak Parabola dalam
Kehidupan Sehari-hari (Terintegrasi pada KI 3
dan KI 4) |
Sebelum pembelajaran dimulai,
diawali dengan kegiatan berdoa. Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi terkait materi tentang Gerak parabola: ·
Gerak Parabola ·
Pemanfaatan Gerak Parabola dalam
Kehidupan Sehari-hari |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. |
|
|
Perwujudan sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran terkait
materi tentang Gerak parabola: ·
Gerak Parabola ·
Pemanfaatan Gerak Parabola dalam Kehidupan
Sehari-hari (Terintegrasi pada KI
3 dan KI 4) |
Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi, terkait materi tentang Gerak parabola: ·
Gerak Parabola ·
Pemanfaatan Gerak Parabola dalam
Kehidupan Sehari-hari |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
||
Pengeta-huan |
Memiliki pengetahuanfaktual, konseptual,prosedural, danmetakognitif
padatingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleksberkenaan dengan: ·
ilmu
pengetahuan, ·
teknologi, ·
Mampu
mengaitkanpengetahuan di atasdalam konteks dirisendiri, keluarga,sekolah,
masyarakatdan lingkungan alamsekitar, bangsa,negara, serta kawasan
regionaldan internasional. |
3. Memahami,
menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah. |
3.5 Menganalisis gerak
parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari |
3.5.1 Memahami pengertian gerak
parabola 3.5.2 Mengidentifikasi gerak parabola
dengan menggunakan vector 3.5.3 Memahami vektor posisi,
kecepatan gerak dua dimensi pada gerak parabola, 3.5.4 Memahami Pemanfaatan Gerak
Parabola dalam Kehidupan Sehari-hari |
Gerak parabola: ·
Gerak Parabola ·
Pemanfaatan Gerak Parabola dalam
Kehidupan Sehari-hari |
· Mengamati simulasi ilustrasi/demonstrasi/video gerak parabola
yang aktual dijumpai di kehidupan sehari-hari · Mendiskusikan vektor posisi, kecepatan gerak dua dimensi pada
gerak parabola, hubungan posisi dengan kecepatan pada gerak parabola · Menganalisis dan memprediksi posisi dan kecepatan pada titik
tertentu berdasarkan pengolahan data percobaan gerak parabola. |
Teknik Penilaian: · Observasi · Teslisan · Tes tertulis Bentuk instrumen penilaian: Tugas · Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran ·
Membuat
laporan hasil percobaan Gerak parabola. ·
Memecahkan
masalah Gerak parabola ·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai Gerak parabola Tes Tes
tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang Gerak parabola |
Keteram-pilan |
Memiliki keterampilanberpikir dan bertindak: ·
kreatif, ·
produktif, ·
kritis, ·
mandiri, ·
kolaboratif,
dan ·
komunikatif melalui pendekatanilmiah
sebagaipengembangan dariyang dipelajari disatuan pendidikan dansumber
lain secaramandiri. |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung |
4.5
Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola
dan makna fisisnya |
4.5.1
Menyajikan data hasil percobaan gerak parabola dan
makna fisisnya 4.5.2
Mempresentasikan hasil kegiatan diskusi kelompok
tentang penyelesaian masalah gerak
parabola |
Gerak parabola: ·
Gerak Parabola ·
Pemanfaatan Gerak Parabola dalam
Kehidupan Sehari-hari |
· Mempresentasikan hasil kegiatan diskusi kelompok tentang
penyelesaian masalah gerak parabola |
TeknikPenilaian: · Tes unjuk kerja · Tes Praktik · Fortofolio · Tes kinerja (performance test) Bentuk instrumen penilaian: Tes kinerja (performance test) · Mempresentasikan hasil kegiatan diskusi kelompok tentang
penyelesaian masalah gerak parabola |
|
|||||||
Sikap |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: · Beriman dan
bertakwa kepadaTuhan YME, · berkarakter, jujur,dan peduli, · bertanggungjawab, · pembelajar sejati sepanjang hayat,dan · sehat jasmani danrohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
|
|
Perwujudansikap religius dalam pembelajaran terkait materi tentang Gerak
melingkar: ·
Gerak melingkar dengan laju konstan
(tetap) ·
Frekuensi dan Periode ·
Kecepatan sudut ·
Kecepatan linier · Gaya sentripetal (Terintegrasi pada KI 3 dan KI 4) |
Sebelum pembelajaran dimulai,
diawali dengan kegiatan berdoa. Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi terkait materi tentang Gerak
melingkar: ·
Gerak melingkar dengan laju konstan
(tetap) ·
Frekuensi dan Periode ·
Kecepatan sudut ·
Kecepatan linier · Gaya sentripetal |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. |
|
|
Perwujudan sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran terkait
materi tentang Gerak
melingkar: ·
Gerak melingkar dengan laju konstan
(tetap) ·
Frekuensi dan Periode ·
Kecepatan sudut ·
Kecepatan linier ·
Gaya
sentripetal (Terintegrasi pada KI
3 dan KI 4) |
Mengikuti pembelajaran dengan
kegiatan mengamati, menanya, diskusi, terkait materi tentang Gerak
melingkar: ·
Gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) ·
Frekuensi dan Periode ·
Kecepatan sudut ·
Kecepatan linier · Gaya sentripetal |
Teknik Penilaian: · Non tes (pengamatan) Bentuk Instrumen: ·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap |
||
Pengeta-huan |
Memiliki pengetahuanfaktual, konseptual,prosedural, danmetakognitif
padatingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleksberkenaan dengan: ·
ilmu
pengetahuan, ·
teknologi, ·
Mampu
mengaitkanpengetahuan di atasdalam konteks dirisendiri, keluarga,sekolah,
masyarakatdan lingkungan alamsekitar, bangsa,negara, serta kawasan
regionaldan internasional. |
3. Memahami,
menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. |
3.6 Menganalisis
besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
3.6.1
Menjelaskan pengertian dan besaran gerak melingkar. 3.6.2
Menjelaskan percepatan sentripetal. 3.6.3
Menjelaskan pemindahan gerak melingkar. 3.6.4
Menjelaskan gaya sentripetal. 3.6.5
Menjelaskan penerapan gaya sentri petal. 3.6.6
Menguraikan vektor. 3.6.7
Menjumlah vektor secara analitik |
Gerak
melingkar: ·
Gerak melingkar dengan laju konstan
(tetap) ·
Frekuensi dan Periode ·
Kecepatan sudut ·
Kecepatan linier ·
Gaya sentripetal |
· Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan
linier, kecepatan sudut, percepatan, dan gaya sentripetal pada gerak
melingkar melalui tayangan film, animasi, atau sketsa · Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan
gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju tetap |
Teknik Penilaian: · Observasi · Teslisan · Tes tertulis Bentuk instrumen penilaian: Tugas · Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran · Mengerjakan latihan soal-soal mengenai Gerak melingkar Tes Tes
tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang Gerak melingkar |
Keteram-pilan |
Memiliki keterampilanberpikir dan bertindak: ·
kreatif, ·
produktif, ·
kritis, ·
mandiri, ·
kolaboratif,
dan ·
komunikatif melalui pendekatanilmiah
sebagaipengembangan dariyang dipelajari disatuan pendidikan dansumber
lain secaramandiri. |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung |
4.6
Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya tentang
gerak melingkar, makna fisis dan pemanfaatannya |
4.6.1
Melakukan percobaan gerakmelingkar beraturan. 4.6.2
Melakukan percobaan tentanggaya sentripetal. 4.6.3
Menyajikan hasil kerja ilmiah pengamatan,inferensi,dan
mengomunikasikan hasil percobaan. |
Gerak
melingkar: ·
Gerak melingkar dengan laju konstan
(tetap) ·
Frekuensi dan Periode ·
Kecepatan sudut ·
Kecepatan linier ·
Gaya sentripetal |
·
Melakukan percobaan secara
berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda ·
Melaporkan hasil percobaan dalam
bentuk sketsa/gambar dan laporan sederhana serta mempresentasikannya |
TeknikPenilaian: · Tes unjuk kerja · Tes Praktik · Fortofolio · Tes kinerja (performance test) Bentuk instrumen penilaian: Tes kinerja
(performance test) ·
Melakukan percobaan secara
berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda |
0 komentar: